Apalagi di dunia internet, informasi yang tersedia sangat berlimpah ruah. Mau cari apapun ada. Tapi ya kalau anda tidak mampu mengatur arus informasi tersebut, bisa-bisa anda terseret dan malah tenggelam dalam lautan informasi. Akibatnya, anda hanya sibuk mengumpulkan informasi dan jarang melakukan action!
Mungkin anda berpikir, informasi yang anda kumpulkan itu bisa dipelajari kemudian. Tapi, yang saya amati pula, kalau seseorang sudah ketagihan mengumpulkan informasi biasanya jarang menerapkan isi dari informasi tersebut. Kalaupun mungkin kemudian diterapkan, tapi biasanya baru dilakukan berbulan-bulan berikutnya.
Dari segi bisnis, anda rugi. Karena anda kehilangan banyak waktu untuk menerapkannya. Misal anda mendapat informasi tentang cara menjemput pengunjung menggunakan search engine dan baru dipraktekkan
Saya berprinsip, semakin cepat sesuatu dilakukan akan semakin baik. Tapi bagaimana kalau anda mengalami "kebanjiran" informasi seperti saya sebutkan di atas?
Yang anda butuhkan adalah pengaturan informasi yang diperoleh. Untuk melakukannya, anda perlu melakukan prioritas informasi. Artinya, anda harus punya daftar informasi yang dibutuhkan berdasarkan kepentingan bisnis anda.
Lalu, bagaimana caranya melakukan prioritas informasi? Just two answers....
Pertama, anda harus peka informasi. Artinya, anda harus tahu informasi apa saja yang anda butuhkan. Lalu fokuslah pada hal yang anda butuhkan itu saja. Kalau anda mau menulis posting untuk blog misalnya, mungkin biasanya anda terlebih dahulu mencari materinya lewat search engine.
Nah, kalau anda tidak memfokuskan kepada apa yang ingin anda ketahui, anda mungkin terlalu asyik mengumpulkan berbagai informasi yang mungkin tak relevan. Akibatnya, anda kebanjiran informasi dan data yang kerap membuat bingung itu. Sampai-sampai kita terlena dan menganggap semua info yang kita dapat itu penting.
Oleh karenanya kita perlu membuat saringan (filter). Jangan terjebak dengan banyaknya informasi menarik yang anda peroleh. Yang harus anda tulis hanyalah yang relevan dengan tema blog anda.
Cara kedua yaitu bersikap efisien. Terkadang banyak hal yang ingin anda tulis. Ide-ide bertaburan dan semuanya berjejalan di kepala anda. Saking antrinya, sampai-sampai ide itu malah tidak bisa keluar. Lalu anda bingung mana yang harus didahulukan? Info apa yang harus ditulis lebih dulu?
Nah, disinilah pentingnya bersikap efisien. Anda mungkin punya banyak materi yang bisa ditulis. Tapi ingat, anda cuma punya sedikit waktu untuk mewujudkannya dalam tulisan. Karena tugas anda sebagai pebisnis internet bukan cuma menulis posting, tapi juga merencanakan banyak hal lain demi perkembangan bisnis anda. Seperti, join dengan forum, mengirim email pada prospek, membuat sales copy, atau bahkan mempelajari software baru.
Disitulah pentingnya belajar secara cerdas. Selain memilah info apa saja yang anda butuhkan, anda perlu mempelajarinya secara cepat. Dengan metode membaca scanning anda bisa melakukann
Tidak ada komentar:
Posting Komentar