Modus dan tips untuk menghindari penipuan

Assalamualaikum! 

Penawaran mengerjakan tugas lewat media sosial dengan iming-iming komisi yang sangat besar sedang banyak terjadi. Hati-hati, ini merupakan modus penipuan yang mengincar saldo kamu, lho! 

Modus dan tips untuk menghindari penipuan perbankan :

Modus-modus yang sering dilakukan pelaku untuk menipu korban: 

• Menghubungi calon korban melalui media sosial, menawarkan tugas, dan menjanjikan komisi yang menggiurkan.

• Tugasnya juga sangat mudah, seperti like dan subscribe media sosial, mengisi survei online, ikut promo tertentu, dan tugas mudah lainnya.

• Biasanya, reward beberapa tugas awal dengan komisi yang kecil akan langsung diberikan kepada korban untuk meningkatkan kepercayaan korban ke pelaku.

• Selanjutnya, korban akan diminta untuk mentransfer uang sebagai “jaminan” atau “biaya administrasi” dan pelaku berjanji akan mengembalikan saldo lebih banyak setelah korban menyelesaikan tugasnya. Namun, hal tersebut hanya janji belaka di mana uang korban yang telah diberikan tidak akan kembali dan/atau pelaku menjadi susah dihubungi. 

Nah, berikut tips untuk mencegah dan menghindari penipuan iming-iming komisi:

1. Selalu waspada dan kritis! Jangan mudah percaya penawaran yang menggiurkan di media sosial. Istilahnya, too good to be true.

2.Jangan memberikan data pribadi, seperti password, PIN, kode OTP, no. HP, dan data lainnya pada siapa pun!

3. Hindari mentransfer uang dan abaikan penawaran kerja sama atau tugas dengan komisi yang menggiurkan.

4. Laporkan bila menemukan indikasi penipuan ke pihak berwenang, seperti polisi. Jika bertransaksi menggunakan Bank Aladin Syariah, hubungi Call Center Bank Aladin Syariah (+622185500947) atau email ke cs@aladinbank.id. 

Hati-hati dan jangan mudah tergiur terhadap iming-iming yang too good to be true, ya!

Wassalamualaikum!

Sumber : Aladin Bank

Tidak ada komentar: