Cara Kirim Barang (Paket) Ke Luar Negeri

Menunggu klaim kelebihan pajak, di kantor pos, sambil iseng saya manfaatkan menggali informasi tentang pelayanan-pelayanan di kantor pos indonesia, saya tertarik dengan jasa pengiriman paket ke luar negeri, secara saya biasa menggunakan jasa swasta untuk pengiriman paket keluar negeri.
Ternyata banyak juga pebisnis online yang ingin mengirim paket ke luar negeri tapi tidak mengetahui cara yang lebih mudah selain menggunakan jasa kurir swasta seperti UPS, DHL, FedEx, dan lain-lain. Dan juga bagi mereka yang memulai berbisnis online di eBay dengan menjual produk sendiri dari Indonesia.
Satu cara untuk mengirim barang ke luar negeri adalah dengan menggunakan jasa Pos Indonesia di posindonesia. Yup, Pos Indonesia juga menyediakan beberapa layanan kiriman paket luar negeri yang dapat kita manfaatkan. Keuntungan lebih yang kita dapatkan adalah harga layanan kirim yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan kurir swasta.
Paket paling murah yang bisa kita dapatkan adalah kiriman menggunakan perangko. Layanan ini merupakan paket kiriman dengan biaya yang paling murah. Hanya saja kita tidak mendapatkan tracking number dan dalam beberapa kasus paket kiriman kita juga lebih lama sampai di tujuan. Jika kedua hal tersebut bukan menjadi masalah untuk barang kiriman Anda maka kiriman menggunakan perangko bisa menjadi solusi yang paling ekonomis.

Paket menengah yang bisa kita pilih yaitu Surat Tercatat atau Registered Mail Luar Negeri. Dengan menggunakan layanan kirim ini kita sudah bisa mendapatkan tracking number dengan biaya yang relatif murah. Waktu kirim hingga paket sampai di tujuan juga lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan layanan perangko. Satu kekurangan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan adalah paket kiriman ini tidak berlaku atau tersedia untuk paket kiriman yang berat faktual atau berat volumetric lebih dari 2 kg. Jadi jika paket kiriman Anda memiliki berat faktual atau volumetric kurang dari 2 kg dan memerlukan tracking number, maka paket layanan ini cocok untuk dipilih.

Paket cepat yang disediakan Pos Indonesia untuk kiriman luar negeri adalah EMS atau Express Mail Service. Layanan ini adalah layanan express dari Pos Indonesia sesuai dengan namanya. Mendapatkan tracking number, pengiriman yang relatif cepat, dan menerima paket yang berat faktual atau volumetric lebih dari 2 kg. Harga yang harus dibayar tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan Pos Tercatat. Namun tentu saja masih jauh lebih murah jika dibandingkan menggunakan layanan kurir swasta.

Untuk mengetahui berapa biaya atau ongkos kirim yang harus kita bayarkan untuk mengirim barang ke luar negeri, langsung saja cek ke website Pos Indonesia.


Tidak ada komentar: