Tips Belanja Hemat di Marketplace

Siapa sih yang ga pernah belanja online? Hari gini belum pernah belanja online, serasa hidup di tengah hutan belantara, hihihi.

Saya yakin kalian pernah atau mungkin bahkan sering belanja online. Mulai dari belanja online via WhatsApp, Instagram, bahkan Marketplace sejenis Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. 


Klo kalian pernah belanja online, pastinya bikin ketagihan.

Nah, kali ini saya akan berbagi bagaimana sih tips hemat belanja di Marketplace. 



Manfaatkan Promo Momen Spesial

Setiap marketplace dan toko online lainnya pasti bikin promo gila-gilaan contoh saat Ramadhan, Lebaran, Natal, Tahun Baru. Mulai yang diskon gede, gratis ongkir, dan cashback. Pastikan sebelum kamu check out belanjaan kamu, pastikan kamu cek dulu ada kode kupon promonya ga.

Yang paling ekstrem lagi nih sebenarnya kamu bisa cek lintas marketplace. Misal kamu cek harga di Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Bisa pake aplikasi priceza, silakan download di google play.  Ketik nama barang yang kamu cari, aplikasi priceza otomatis memunculkan nama barang beserta daftar merchant penjualnya beserta harga jualnya. Coba cari mana harga yang paling murah. Tentu saja harus digabungkan juga dengan promonya, serta ongkir mana yang lebih murah.



Manfaatkan Fitur Sortir Harga dan Lokasi Penjual di Marketplace

Di setiap marketplace pasti ada fitur sortir harga barang. Misal nih kamu ingin beli mouse. Nah di sana kamu bisa sortir dengan harga termurah dan juga lokasi penjual. Mengapa harus sortir berdasarkan lokasi? Tentu saja karena lokasi menentukan ongkir juga. Kalau bisa sih temukan yang satu kota.


Manfaatkan Flash Sale

Bagi kamu yang hobi belanja online, tentu tak asing dengan istilah Flash Sale. Saya sendiri juga pernah memanfaatkan Flash Sale Lazada untuk beli smartphone. Kalau tidak Flash Sale harga bisa 1,4 juta. Nah, kalau Flash Sale cuma 1 juta saja. Mantap, ‘kan?


Gunakan Kupon

Sebelum check out cart pastikan kamu sudah apply coupon yang relevan agar diskon / potongan harga dapat dinikmati.



Gunakan Referral Link

Pada masa-masa tertentu website ecommerce memberlakukan bonus referral yaitu bilamana kamu merekomendasikan sebuah layanan ke orang lain maka yg direkomendasikan dan kamu masing-masing akan mendapatkan bonus uang/voucher.


Gunakan atau redeem Point Cashback

Setelah beberapa lama rajin belanja tidak terasa point cashback sudah mengumpul banyak. Redeem lah saat akan check out cart.


Sebelum Belanja, Tanya Teman

Ini adalah salah satu gunanya teman. Jika kamu hendak belanja, kamu bisa melempar pertanyaan ke teman-temanmu di grup WA, FB, atau apalah. Mungkin saja teman-temanmu ada yang punya info promo atau diskon menarik tentang barang yang akan kamu beli.

Itulah beberapa tips belanja hemat di marketplace yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat 🙂

Klo kamu punya tips apa nih? Share yuk disini.

Tidak ada komentar: