Tip Baju Ala Laundry

TIPS BAJU ALA LAUNDRY

Awalnya aku biasa pake k****** atau ra**** untuk setrika agar wangi menyegarkan. Kemudian suatu hari ketemu pas acara reuni sama temen yang buka bisnis laundry. Ia buka rahasianya. 

Pilihlah parfum laundry (bukan parfum/pelicin komersial yang biasa kita temukan di pasaran). Anda bisa membelinya secara online dengan keyword “parfum laundry”. 

Parfum laundry pun tersedia beberapa grade. Semakin tinggi gradenya, semakin tinggi kadar bibit parfumnya, contoh grade A lebih bagus dibanding grade C. Kalau mau lebih wangi silahkan pilih grade A atau bahkan diatasnya.

Selain dari segi parfum, ada beberapa prosedur laundry yang perlu diperhatikan, mulai dari awal proses pencucian hingga penyetrikaan.

1. Pastikan detergen anda cukup untuk membersihkan pakaian anda. Anda tidak perlu detergen yang wangi (karena wangi akan mudah hilang dengan sendirinya setelah pengeringan). Anda butuh detergen yang efektif dalam membersihkan pakaian anda dari kotoran. Kalau baju anda masih kotor, pencuma anda semprot parfum sampai banyak, karena bau baju akan mengalahkan bau parfum.

2. Pastikan baju anda kering 100%. Laundry biasanya menggunakan mesin pengering dengan memastikan pakaian kering sempurna. Kalau tidak, baju akan mudah apek ketika dipacking atau dimasukkan ke lemari. Buat anda yang mengeringkan di rumah pastikan ada aliran udara (ruang terbuka), dan jangan kontak langsung dengan sinar matahari (bisa diatasi dengan memanfaatkan atap antara sinar matahari dan pakaian yang dijemur). Selain itu pakaian yang terlalu terpapar sinar matahari akan lebih mudah kusam.

3. Bedakan antara pelicin dan pewangi pakaian. Secara komersial biasanya pelicin dan pewangi ini merupakan suatu kesatuan. Di Laundry tidak menggabungkannya. 
Ada dua jenis setrika yang bisa dipakai bisnis laundry, yaitu setrika uap atau listrik. 
Apabila menggunakan setrika uap, laundry tidak menggunakan pelicin/pewangi saat penyetrikaan (karena sifat uap yang membuat pakaian lebih cepat licin) sedangkan apabila kami menggunakan setrika listrik laundry menggunakan hanya pelicin untuk mempermudah penyetrikaan.
Jadi, jangan menyemprotkan parfum laundry saat penyetrikaan. Apabila menggunakan setrika uap, pakaian akan apek. Apabila menggunakan setrika listrik, wanginya akan mudah menguap akibat panas plat setrika.

Kapan kita menyemprotkan parfum ke pakaian? Saat pakaian yang telah disetrika sudah tidak panas lagi/ tidak ada uap panas lagi. Pada saat itu, kita cukup semprotkan secara asal saja ( tidak perlu semuanya, karena kan kita udah lipat juga sebelumnya pas disetrika), tidak perlu banyak-banyak juga.

Note :
Bagaimana laundry memproses baju kotor 5kg menjadi begitu sempurna hanya dalam waktu singkat (siap pakai). Pagi ini didrop, pagi besoknya udah jadi dengan lipatannya yang presisi. Biayanya sangat murah hanya 50rb. 
Proses laundry sangat cepat karena mesin cuci otomatis, mesin pengering, dan setrika uap.

Di laundry untuk pencucian di mesin cuci 45 menit (diluar penghitungan jumlah pakaian sebelumnya untuk pencegahan pakaian hilang dan spotting atau penghilangan noda di kerah dan di lengan). Untuk penghitungan pakaian sm spotting skitar 10 menit

Mesin pengering untuk pakaian 5 kg perkiraan 40–50 menit tergantung tebal atau tipisnya pakaian. Bahkan 30 menitan bisa kering dengan suhu yg lebih tinggi (dengan memperhatikan jenis pakaian juga).

Untuk penyetrikaan setrika uap, 5-8 kg per jam (tergantung jenis pakaian biasanya yang agak lama pakaian jenis gamis). 

Apabila laundry menggunakan meja vakum pakaian bisa langsung disemprot parfum dan dipacking. Jika tidak ada bisa ditunggu hingga uap pada pakaian hilang baru disemprot dan dipacking.

Untuk ukuran yang presisi biasanya menggunakan pola setrika. Jadi pakaian dilipat sesuai pola setrika. Tapi kalau karyawan yang udah terampil setrika bisa presisi ukurannya tanpa pola. 

Di ecommerce, ada 2 jenis parfum laundry :
1. Larutannya putih keruh (pelarutnya air, pemakaiannya disemprot saat menyetrika, wangi namun tidak seawet yang jernih dan murah kisaran 13rb–16rb per liter), 
2. Larutan bening (ini yang biasa dipake jasa laundry, pelarutnya metanol, disemprot setelah disetrika/dipacking, wangi bangeett, namun harga lebih mahal per liter kisaran 35–50rb tergantung gradenya).

Imho, pemakaian parfum laundry jatuhnya malah lebih hemat waktu dan biaya daripada pakai pelicin. Bahkan saya sampai beli stok metanol dan bibit parfumnya untuk saya racik parfumnya sendiri. 

Pernah dulu saya minta tolong ke jasa laundry langganan request sehari jadi karena ada seragam kerja dan sekolah. Kirim siang, sore saya wa bisa tidak saya ambil seragamnya aja besok pagi. Eh dibales dong, baju2 nya semua udah siap diambil saat maghrib itu juga. Ternyata baju laundry disitu tuh ga dijemur melainkan dikeringkan di mesin pengering khusus pakai tenaga gas lpg. Pantesan biarpun bajunya ga disetrika saya cium kok bisa ga ada residu bau2 matahari. 

Komposisi parfum laundry terdiri dari metanol, minyak bibit parfum, dan fixative, mudah menguap sehingga hanya meninggalkan bekas wangi yang awet. Beda sama pelicin pewangi kaya merk k*spr*y itu, komposisi pelarutnya itu air.
Bisa disemprotnya sekedarnya setelah pakaiannya dilipat. Semprotnya tunggu pakaiannya betul2 sudah ga panas lagi agar tidak apek. 

Tidak ada komentar: