Hati-hati Penipuan dari Ponsel Anda



Hari ini saya barusaja dapat telpon dari 08170121702, yang mengaku direktur dari provider pro-xl bernama Sofyan Tambunan. Logat bicaranya kental bahasa Batak. Ia mengabarkan bahwa saya beruntung menang undian Gebyar Proxl, dan berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar 5 juta rupiah yang akan ditransfer langsung ke rekening saya. 

Sayapun ditanya nomor rekening dan bank untuk proses transfer. Saya berikan informasi yang diminta. Dalam hati, saya yakin ini adalah sebuah percobaan penipuan. Hanya ini menelusuri sejauh mana penipu ini berusaha menjerat calon korbannya, karena itu saya tetap waspada. Ia menyuruh saya langsung ke atm untuk proses transfer secara langsung. 

Ia pun melarang saya untuk menutup telpon. Saya pun seolah-olah berangkat ke ATM. Sempat terbersit ia akan menghipnotis saya untuk membalikkan keadaan, yaitu justru saya yang disuruh mentransfer uang padanya. Ia memastikan bahwa saya benar-benar ada di ruang mesin ATM. Iapun menanyakan pada saya apa yang tampil di layar. Dan sayapun menjawab seingat saya. Ia pun mengingatkan untuk memasukan nomor PIN. Kejadian ini samapi 3X. Ternyata ia hanya memanfaatkan keadaan. Dengan tenang saya seolah-olah memenuhi setiap penuturannya. Dia mengarahkan saya untuk mentranfer ke rekening yang dituju.
Sayapun berbalik mengatakan padanya bahwa dia penipu.

Tips:
1. jangan panik ketika ada pemberitahuan anda menang kuis/ undian/ survei (berusahalah bersikap tenang, tarik nafas dalam-dalam). Ingat kalo anda gegabah justru anda kena tipu
2. mintalah bantuan pada orang yang anda percaya/ berpengalaman, ceritakan keadaan anda
3. hubungi call center sponsor/ penyelenggara undian/ hadiah
4. atau anda bisa browsing di internet kebenaran informasi yang anda terima melalui website sponsor/ penyelenggara
5. Jangan memberitahukan PIN kita pada siapapun

Tidak ada komentar: