BISNIS PULSA

Apakah anda pernah membayangkan untuk berbisnis PULSA elektronik ? pernahkan anda merasa bingung dengan proses pendaftaran, cara transaksi dan apa saja yang harus disiapkan untuk memulai bisnis pulsa ?

Bisnis Pulsa Elektronik benar-benar telah bersaing dengan bisnis sembako, setiap hari selalu ada yang membutuhkan pulsa apalagi saat ini satu orang dapat memiliki lebih dari sebuah Handphone, penggunanya pun bukan hanya orang dewasa, anak SD pun saat ini telah menggunakan handphone...wow..

Memulai Usaha Pulsa Elektronik All Operator

Untuk berbisnis Pulsa Elektronik All Operator ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan :

1. Perhatikan basic dari penyelenggara bisnis All Operator (SERVER) apakah berbasis bisnis murni atau MLM murni ?
2. Perhatikan harga yang ditawarkan, pastikan bahwa harga yang ditawarkan masuk akal, tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal
3. Perhatikan biaya yang dikenakan, apakah ada biaya transaksi atau biaya-biaya tersembunyi, hak anda adalah bertanya kepada penyelenggara SERVER maka bertanyalah hingga anda benar-benar paham.

Apa yang harus disiapkan ? Biasanya anda hanya perlu menyiapkan :

1. Sebuah Handphone GSM / CDMA beserta simcard yang aktif
2. Deposit Saldo, sebagian server menetapkan minimal deposit untuk bergabung dalam server dan sebagian tidak menetapkan minimal deposit bahkan dengan Rp. 10,000 pun anda sudah bisa memulai berbisnis PULSA.

Mudah bukan ? tidak perlu biaya yang cukup besar untuk dapat berbisnis pulsa. Namun dibalik kemudahan tersebut ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dengan jeli.

» Pendaftaran

Proses pendaftaran biasanya dilakukan via SMS / YM kepada admin atau penyelenggara bisnis. Perhatikan apakah proses pendaftaran ini GRATIS atau dikenakan biaya ?

Biasanya pendaftaran melalui SERVER tidak akan dikenakan biaya apapun alias GRATIS, anda akan dikenai biaya pendaftaran bila bergabung dengan perusahaan MLM dan biaya yang dikenakan cukup besar. Keputusan untuk bergabung dengan atau tanpa biaya pendaftaran adalah sepenuhnya keputusan anda.

» Harga

Lihat harga yang ditawarkan, apakah masuk akal atau tidak ? beberapa server menawarkan harga yang sangat murah dengan harapan dapat merekrut mitra sebanyak-banyaknya. Hal ini wajar dilakukan oleh server yang baru berdiri, namun suatu saat harga akan merangkak naik menyesuaikan ke harga normal atau bahkan bisa lebih tinggi.

Kenyataan lain dibalik harga yang terlalu murah adalah seringnya terjadi gangguan transaksi atau stock kosong yang lebih parah adalah adanya biaya tersembunyi yang tidak diberitahukan kepada mitra terlebih dahulu.

Upss..jangan dulu patah arang, ada cara untuk mengatasi hal ini, sebelum anda bergabung baiknya anda menanyakan beberapa pertanyaan berikut :

1. Apakah ada biaya pendaftaran ?
2. Apakah ada biaya transaksi selain biaya sms normal ?
3. Apakah ada biaya bila transaksi gagal ?
4. Apakah ada biaya bila anda membutuhkan informasi ?
5. Apakah ada biaya bila anda melakukan komplain ?

Kelima hal diatas sangat penting ditanyakan dan anda mengerti sebelum anda terlanjur bergabung. Bila anda sudah paham dan mengerti, barulah anda melangkah ke tahap pendaftaran. Disini anda bisa mencoba fitur yang ditawarkan oleh server seperti :

* Ganti PIN
* Cek Saldo
* Tambah Nomor
* Mendaftarkan Mitra Baru
* dll

Bila transaksi-transaksi non finansial (tidak berbayar) tersebut dapat anda lakukan tanpa merubah saldo anda menjadi minus maka 70% tidak ada biaya tersembunyi dalam server tersebut.

» Kualitas

Kualitas transaksi biasanya dipengaruhi oleh harga produk, bila anda penasaran dan memiliki modal lebih, silahkan anda buktikan sendiri, daftarkan diri anda ke server yang menawarkan harga murah lalu cobalah bertransaksi secara rutin selama 1 minggu. Lakukan hal yang sama dengan server yang menawarkan harga standard, lalu bandingkan.

Contoh Harga Standard :

* Simpati 5ribu = berkisar antara Rp. 5,100 s.d Rp. 5,350
* Simpati 10ribu = berkisar antara Rp. 10,000 s.d Rp. 10,350

Bila harga lebih murah dari harga diatas, dapat dikategorikan server tersebut menawarkan harga dasar yang sangat murah, namun bila lebih mahal atau hampir mendekati harga end user dipastikan perusahaan tersebut bukan server melainkan perusahaan MLM.

Logikanya, sebuah server yang baik harus memiliki sumber daya yang baik pula dan dilengkapi dengan teknologi yang baik juga. Tentunya untuk menyediakan hal-hal terbaik, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, server yang menawarkan harga terlalu murah tentu akan mendapatkan profit yang lebih sedikit dan jelas tidak mungkin dapat menyediakan sumber daya dan teknologi yang baik untuk kelangsungan servernya.

Untuk mengetahui secara pasti kualitas dari suatu server itu baik / buruk, tidak ada jalan lain selain mencoba maka disarankan untuk mencoba dengan deposit paling minimal / rendah yang ditetapkan oleh server tersebut sebelum anda melakukan deposit secara besar-besaran.

» Antisipasi untuk menghindari PENIPUAN

Mungkin diantara anda bingung bagaimana cara mengatasi penipuan via internet, cara / solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengujian :

1. Lakukan kontak dengan penyelenggara server dan tanyakan nomor rekening bank yang digunakan, lalu catat nomor rekening dan nomor handphonenya.
2. Lakukan kontak kembali setelah selang 1 minggu apakah nomor tersebut masih aktif dan nomor rekening yang diberikan masih sama.
3. Lakukan kontak kembali setelah selang 3 minggu apakah nomor tersebut masih aktif dan nomor rekening yang diberikan masih sama.

Bila ada perubahan nomor handphone atau rekening dalam masa 1 bulan anda melakukan kontak dengan penyelenggara, dipastikan penyelenggara server tersebut tidak memiliki tujuan yang baik.