RESOLUSI LEBARANKU - SELALU HAPPY

Saat Lebaran tiba, hampir sebagian besar para pekerja rumah tangga (PRT) mudik ke kampung halamannya. Bagi keluarga yang tidak biasa ditinggal PRT, tentu kerepotan karena harus mengurus rumah saat Lebaran. Agar tidak kewalahan karena ditinggal mudik, ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.
1. Berbagi Tugas Rumah Tangga dengan Anak dan Suami
Mulailah mendelegasikan tugas membersihkan dan membereskan rumah dengan suami dan anak sebelum PRT mudik. Tujuannya agar mereka lebih terbiasa bekerja begitu ditinggal PRT pulang kampung untuk berlebaran. Serahkan tugas-tugas ringan seperti membereskan tempat tidur, mengelap kaca dan membereskan ruang tamu dan menyiram tanaman kepada anak-anak (jika sudah berumur cukup dewasa antara 6 sampai 10 tahun). Bisa juga meminta mereka membantu Anda memasak sesekali. Suami sebaiknya diberikan tugas yang sifatnya mekanis atau membutuhkan tenaga ekstra, misalnya membersihkan kamar mandi, bak cuci piring, membuang sampah, mencuci mobil, menyetrika. Sementara Anda sebagai ibu rumah tangga, bisa mencuci pakaian, memasak dan mencuci piring.
2. Buatlah stok bumbu dasar selama pembantu mudik
Bumbu dasar ada 3 (tiga) macam, yaitu bumbu dasar putih untuk masakan sop, dan sebagainya, bumbu dasar kuning untuk masakan empal dan sebagainya sedangkan bumbu dasar merah untuk masakan balado, sambel goreng, dan sebagainya. Memasak akan lebih mudah, cepat, efektif dan efisien.
3. Sediakan Minuman Kemasan dan Piring Plastik
Sediakan makanan dan minuman kemasan sebagai antisipasi bila Anda kedatangan tamu. Minuman kemasan dan piring kertas lebih mudah dibuang setelah selesai dipakai daripada harus dicuci ulang.
4. Optimalkan penggunaan Mesin Cuci
Baju-baju kotor akan sangat mengganggu karena bau dan membuat tidak sedap dipandang karena menumpuk karena berantakan. Baju-baju kotor seringkali terabaikan karena sibuk bersilaturahmi ke rumah saudara dan tetangga. Optimalkan penggunaan mesin cuci untuk meringankan pekerjaan rumah anda.
5. Memakai jasa laundry
Bila terpaksa tidak bisa tertangani juga, Anda bisa menggunakan jasa laundry jumlah besar (kiloan). Sebaiknya mengambil layanan paket laundry sekaligus setrika. Kumpulkan baju-baju kotor maksimal satu minggu lalu antarkan ke tempat laundry. Pakaian bersih, harum, dan siap untuk dipakai tanpa harus repot. Laundry seperti ini juga harus siap menerima pakaian rusak akibat sistem pencucian dalam jumlah besar.
6. Makan di Restoran atau Pakai Jasa Antar Makanan
Saat Anda dan suami sudah harus masuk kerja sementara PRT belum kembali dari mudik, anda biasanya tak punya banyak waktu untuk memasak. Mungkin anda juga mempertimbangkan bila memasak, piring kotor juga bertambah banyak dan tugas rumah tangga pun jadi terasa makin berat. Tak ada salahnya jika sementara waktu Anda dan keluarga makan di luar. Selain lebih praktis, seluruh anggota keluarga juga jadi lebih akrab. Solusi lainnya adalah menggunakan jasa antar makanan, baik itu berupa katering atau dari resto yang menyediakan layanan pesan antar. Agar lebih hemat, sebaiknya langganan katering sekaligus untuk satu atau dua minggu karena biasanya lebih murah. Anda bisa mendapatkan referensi tempat makan atau restoran dengan promo dan keistimewaan di cermati.com. Pilihlah sesuai selesa dan kebutuhan anda.
7. Menyewa Pembantu Infal
Masih terlalu sulit untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seorang diri? Solusi terakhirnya adalah menyewa jasa PRT dadakan, atau lebih populernya PRT infal. Jenis bantuan ini biasanya dibayar harian (biasanya kisaran mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu, tergantung banyaknya tugas yang harus dikerjakan). Umumnya PRT infal disalurkan oleh yayasan. Menjelang Lebaran, biasanya permintaan akan mereka memuncak. Sebaiknya Anda sudah memesan jasa mereka pada penyalur jauh-jauh hari. Jangan sampai Anda malah kewalahan di Hari Raya. Semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar: