MENJELANG USIA KEPALA 3, CEK KEMATANGAN FINANSIALMU


usia kepala 3


Menjelang usia kepala 3, saatnya fokus nih untuk masa depan dan tanggungjawab yang lebih besar. Kurangi nongkrong di cafe dan hal-hal yang kurang jelas namun boros di kantong. Sejak usia kepala 2 pun sebaiknya sudah mulai membangun kebiasaan-kebiasaan baik terutama dalam hal keuangan. Jangan sampai terlambat, menyesal dikemudian hari.

Berikut beberapa hal yang idealnya tercapai di usia menjelang kepala 3:

 1. Sudah Mandiri Finansial
Saat usia 30, idealnya kamu sudah mapan dalam pekerjaan yang kamu geluti sekarang. Terlebih lagi jika ternyata pekerjaan yang sekarang bisa memenuhi semua kebutuhan hidup sehari-hari dan hal-hal lain di luar itu. Sudah saatnya juga untuk mulai memiliki double income.

Selain dari penghasilan tetap, gak ada salahnya menambah sumber penghasilan. Tuntutan kehidupan bakal sangat menuntut perekonomian yang mapan ke depannya. Kamu gak bisa bersantai-santai lagi dalam hal mememenuhi pundi-pundi mu di usia 30.
2. Memiliki Tabungan dan Dana Darurat
Persiapkan sejak usia 20an, agar di usia 30 punya tabungan atau deposito yang ideal. Sisihkan gaji dan penghasilan di awal menerima uang. Tentukan besaran tabungan perbulan yang niat kita amankan untuk ditabung, dan tanamkan target yang ingin kita capai dari tabungan tersebut. Intinya punya niat dan tekad yang kuat.

3. Punya Kebiasaan Mengelola Uang yang Baik
Kita sudah harus bisa memutuskan sendiri kapan harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan seperti belanja bulanan sehari-hari, dan kapan boleh mengeluarkan uang untuk keinginan seperti jalan-jalan atau hangout. Sehingga gak ada lagi tuh rasa khawatir saat ingin menyenangkan diri sendiri atau khawatir gaji habis sebelum waktunya.
 Punya menghasilkan uang banyak akan jadi sia-sia jika gak disertai dengan kemampuan mengelola dengan baik.

4. Gak Punya Banyak Utang
Utang yang sehat itu gak lebih dari 30% penghasilan kita. Utang yang kelewat besar cenderung membuat stres.

5. Punya Properti Pribadi
Kemampuan dan perkembangan karir dan penghasilan masing-masing orang memang berbeda ya, gak bisa disamakan atau dipaksa untuk sama. Tapi, di usia kepala 3 sih mestinya kamu sudah bisa nyicil rumah tipe kecil dan sederhana saja.

Pasti tahu kan betapa tinggi harga properti, dan makin tahun selalu naik pesat. Mulai cari tahu deh gimana strategi untuk bisa mulai memiliki rumah atau apartemen idaman sebelum harganya naik lebih gak terjangkau lagi nantinya. 
6. Punya Investasi
Investasi, elemen penting keuangan yang sering terlupakan karena biasanya orang hanya fokus pada tabungan dan deposito. Punya investasi apapun bentuknya, entah itu reksa dana, emas atau saham.

Keuntungan yang bisa diperoleh dari berinvestasi lumayan banget loh untuk menggendutkan pundi-pundi kamu. Tapi ingat, setiap investasi juga punya risiko ya. Jangan menyia-nyiakan waktu dengan menunggu atau menunda nanti malah menyesal.

7. Memiliki Asuransi
Walau sekarang ada fasilitas BPJS dari pemerintah, sisihkan 5% saja dari penghasilan untuk membeli asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dari provider asuransi swasta sebagai pelengkap. Apalagi kalau kamu adalah tulang punggung keluarga, kepala keluarga, pencari nafkah utama dalam keluarga.

Jangan sampai tabungan yang sudah kita kumpulkan selama bertahun-tahun terkuras karena masalah kesehatan yang seharusnya bisa diproteksi. Lebih parahnya jika kita malah harus berutang juga.

8. Mulai Membuat Dana Pensiun
Untuk Pegawai Negeri, pemerintah menyediakan TASPEN (Tabungan Asuransi Pensiun), namun alangkah baiknya kita juga mempersiapkan dana pensiun pribadi. Idealnya ketika pensiun kita menikmati masa pensiun yang tenang, nyaman dan jauh dari rasa khawatir akan keuangan. Saat ini sudah banyak bank dan juga lembaga keuangan yang menawarkan produk-produk investasi khusus untuk persiapan dana pensiun. Jadi, jangan tunda lagi ya, mulai bikin deh dana pensiun mu dari sekarang.

Kuncinya adalah niat, tekad dan komitmen yang kuat. Nah, mulai lah berjuang untuk bisa memiliki 8 hal di atas dari sekarang. Stop mencari alasan apalagi bermalas-malasan agar kamu punya hidup yang berkualitas.

Sumber : blog.duitpintar.com

Tidak ada komentar: