Keunggulan dan kekurangan On Account powered by XL CIMB Niaga

Sekitar sebulan ini saya mulai aktifkan rekening tabungan CIMB Niaga ON powered by XL, padahal saya sudah dibuatkan setahun sebelumnya melalui sales marketing by phone. 

Setelah sebulan ini saya malah aktif dengan rekening ini dan merasa sangat nyaman.
Berikut ringkasan saya selama menggunakan  On Account powered by XL CIMB Niaga. 

Fitur unggulan  On Account powered by XL CIMB Niaga sebagai berikut :
* Bebas biaya administrasi bulanan, selama saldo di atas 5juta*
* Bebas biaya transfer (RTGS, SKN dan Online) dari mobile dan internet banking selama saldo lebih dari 1,5juta*
* Bebas biaya tarik tunai dari atm bank indonesia selama saldo diatas 1,5juta*
* Bunga kompetitif hingga 7% sesuai saldo (kemungkinan besar berada di antara 1-5%, yang 7% hanya jika saldo satu milyar).
* Gratis data hingga 2GB sebulan ke nomor XL (dan free kartu perdana)


Dari apa yang tertulis memang tampak sangat menarik, namun saya akan coba ulas beberapa hal positif maupun negatif yang ‘tersembunyi’ dibalik fitur-fitur tersebut.

1. Kartu ATM CIMB Niaga ini sudah ber-chip, dengan PIN 6 digit. Jadi relatif lebih aman.

2. Kartu ATM CIMB Niaga ini tergabung dengan jaringan ATM Bersama dan Prima membuat transaksi debit lebih leluasa. Bank lain ada yang hanya tergabung pada jaringan ATM bersama sehingga ada peluang ditolak merchant untuk digunakan pada EDC BCA (prima) walaupun (sebenarnya) masih bisa lewat jaringan VISA/Master.

3. Aplikasi mobile Go Mobile akan menyedot pulsa secara signifikan karena bahkan untuk login pun dia men-trigger sebuah SMS token. Akan lebih baik jika mekanismenya menggunakan username, password dan PIN. Baca kekurangan SMS token di sini.

4. Kita tidak diperbolehkan transaksi tunai via teller sama sekali.

5. Bebas biaya transfer hanya berlaku di internet dan mobile banking sementara via ATM dikenakan biaya, disini banyak yang terkecoh.

6. Internet Banking CIMB Niaga termasuk salah satu yang menurut saya terbaik di Indonesia. Layanannya sangat user friendly

7. Mekanisme perhitungan bunga progressive itu artinya berbeda dengan bunga pada saldo rata-rata, lebih kecil dari yang terlihat.

8. Call center CIMB Niaga relatif mahal (premium call)

9. Bebas biaya tarik tunai berlaku juga di seluruh ATM jaringan MEPS, CIMB Group dan Master. Menarik terutama jika Anda sering berada di Malaysia. (Temanku ketika di Singapura dan Malaysia memanfaatkan kartu ini dan sangat bermanfaat)

Tidak ada komentar: