Bisnis Tanpa Modal untuk Wanita

Bisnis dalam kamus saya adalah usaha untuk memnuhi kebutuhan ekonomi. Bisnis merupakan hal perlu perhitungan dalam menjalaninya agar tidak rugi. Dulu, saya pikir bisnis hanya bagi para pria, sebagai tanggung jawab menafkahi.

Ternyata peluang perempuan lebih besar. Bisnis bukan hanya sekedar berjualan ataupun berdagang barang. Berbisnis bukan kemudian menjadi sales dan menawarkan apa yang ingin dijual. Bisnis tidak selalu memerlukan modal yang besar. Dan seiring bertambahnya kebutuhan dan keinginan manusia untuk mendapat kepraktisan, bisnis yang melibatkan perempuan sebagai pelakunya, lebih berkembang. Untuk memulai bisnis ternyata tidak harus menggunakan modal besar. Tapi juga jangan membayangkan model bisnis yang terlalu besar dengan keuntungan fantastis.


Rintislah dari hobi atau keterampilan yang telah dimiliki. Pertimbangkan juga modal yang telah ada.

  1. Bisnis dengan menjualkan barang teman (Konsinyasi) Join pada teman/ saudara yang punya stok barang jualan dan tawarkannya pada teman juga tetangga terdekat. Perempuan memiliki banyak kebutuhan. Mulai dari kebutuhan akan bahan dasar masakan, kebersihan rumah, mencuci baju dan barang-barang anggota keluarga, serta kosmetik untuk perawatan diri sendiri. Dan hanya sesama perempuan yang mengerti akan kebutuhan tersebut serta mampu memenuhinya. 
  2. Affiliasi Dengan affiliasi kita bisa menjadi anggota afiliasi, dan mempromosikan produk sponsor dan kita mendapatkan fee atas jasa ini. 
  3. Bisnis Dropship atau Reseller Berjualan tidak harus secara face to face, yang mungkin membutuhkan waktu senggang lebih banyak. Untuk menghemat waktu, karena perempuan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengurus rumah, sarana online termurah dan terluas seperti Facebook dan Twitter sangat membantu. 
  4. Hobi yang menghasilkan uang Hobi ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Contohnya hobi mengisi Teka Teki Silang (TTS), bisa iseng ikut TTS berhadiah. Bila memiliki hobi melukis, bisa diaplikasikan dengan memproduksi aneka macam produk tas, kaos lukis maupun sepatu lukis. Bila hobi memasak, manfaatkan hobi tersebut dengan mencoba aneka macam resep baru yang belakangan ini sedang booming di pasaran. Ada cupcakes, rainbow cake, cookies unik dengan beragam bentuk yang pasti banyak penggemarnya. Bila mau repot sedikit, bisa dengan membuka jasa chatering. Tawari beberapa teman yang mungkin akan mengadakan acara syukuran. Boleh juga dengan bujuk suami/sanak keluarga agar mengajukan proposal pada atasan agar bila ada rapat, bisa pesan makanan pada perempuan-cantik-di-rumahnya-yang-top-markotop-masakannya. 
  5. Les Privat Bisnis jasa les privat, selain kita berbagi ilmu juga lumayan buat nambah-nambah celengan, hehehe...
  6. Jasa pembuatan website Lumayan banyak juga pasarnya, selain menambah pengalaman pembuatan website juga pasarnya terbuka lebar. 
  7. Penulis artikel media online 
  8. Melamar Asisten Dosen 
  9. Jasa penerjemah 
  10. Fotografer freelance 
  11. Trainer atau motivator 
  12. Makelar properti 
  13. Penitipan Anak 
  14. Dan lain-lain (mungkin ada yang ingin menambahkan) 
 Ternyata bisnis itu mudah dan bisa dilakukan oleh semua perempuan. Asal, memiliki kemauan. Waktu masih bisa disisihkan, dana minim masih bisa dicari, tetapi kemauan harus digali. Benar kan?
(nyari teman seperjuangan)

Tidak ada komentar: