Gejala Hipertiroid dan Cara Mengatasinya

Hyperthyroid

Hyperthyroid (hipertiroid) merupakan penyakit yang membuat kelenjar thyroid (tiroid) menjadi terlalu aktif (produksi hormon tiroid yang berlebihan).

Tiroid memproduksi hormon tiroksin dari lodium, maka lodium radiaktif dalam dosis kecil dapat digunakan untuk mengobatinya (mengurangi intensitas fungsinya).

Penderita penyakit hipertiroid mengalami pembesaran sekitar dua sampai tiga kali dari ukuran biasanya. Tirotoksikosis tidak berbeda jauh dengan hipertiroid.

Tiroitoksitosis adalah kelebihan pada hormon tiroid yang tidak pasti diproduksi oleh kelenjar tiroid. Hipertiroid disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh alami yang menyerang kelenjar tiroid dan kelenjar tersebut ‘melawan’ kembali dengan memproduksi banyak tiroid.

Gejala Hipertiroid
Seseorang yang mengalami penyakit hipertiroid akan merasakan hal sebagai berikut :
• Sering merasa gelisah atau agitasi.
• Emosi yang kurang stabil.
• Susah tidur atau insomnia
• Jantung sering berdebar cepat tidak seperti biasanya.
• Merasa gugup dan lebih cepat lelah.
• Rambut rontok.
• Sering mengeluarkan keringat.
• Berat badan turun meskipun Anda makan dengan porsi yang tetap bahkan lebih banyak.
• Buang air besar lebih banyak atau diare.
• Bola mata menonjol seperti mata membengkak ataupun kelopak mata turun. • Pada wanita, haid tidak teratur.



Cara Mengatasi Hipertiroid

Jika gejala diatas sedang Anda alami, hubungi segera dokter Anda.

Ada pilihan terapi yang biasanya cocok diberikan untuk penderita hipertiroid yaitu, yodium radioaktif, obat antitiroid, dan pembedahan.

Yodium radioaktif dan obat antitiroid adalah yang paling sering umum untuk digunakan. Pengobatan terbaik yang cocok untuk Anda akan tergantung pada sejumlah hal, termasuk faktor usia Anda.

Beberapa orang mungkin saja membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan.

Jika tidak melakukan pengobatan, hipertiroid bisa menyebabkan masalah yang cukup serius seperti masalah jantung, masalah tulang, dan thyroid storm (badai tiroid).

Apabila gejalanya sudah tidak mengganggu, anda masih perlu melakukan perawatan atau terapi dari dokter. Operasi merupakan salah satu cara mengatasi hipertiroid yang sering dianjurkan oleh dokter. Tetapi jangan terburu-buru menjalaninya. Tiroid yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Jadi, pola makan yang sehat merupakan cara terbaik untuk mengatasinya.

Selain cara di atas, kami ingin menyampaikan kepada anda beberapa herbal yang dapat anda jadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati hipertiroid.


Makanan sehat yang cocok untuk menstabilkan kelenjar thyroid adalah :

Tempe segar dengan Indeks Manfaat = +5

Tape singkong segar dengan Indeks Manfaat = +10

Mentimun (terutama bagian ujung yang pahit) dengan Indeks Manfaat = +30

Buah markisa (termasuk bijinya) dengan Indeks Manfaat = +5

Sumber : 5elemen.com

Tidak ada komentar: