Memanfaatkan Potensi Kartu Kredit

Di balik bentuknya yang kecil itu, kartu kredit menyimpan banyak manfaat. Anda bisa memanfaatkan kegunaan kartu kredit tidak hanya sekadar dipakai untuk berbelanja saja.

  1. Jasa Asuransi Beberapa kartu kredit menawarkan fasilitas asuransi. Ada yang menawarkan asuransi kendaraan dan asuransi kesehatan. Asuransi kendaraan biasanya meliputi asuransi kecelakaan dan kehilangan mobil. Jika ternyata fitur ini tersemat pada kartu kredit Anda maka tidak perlu repot membeli polis asuransi mobil. Anda wajib mengecek dan memerhatikan dengan saksama apakah fasilitas yang ditawarkan kartu kredit sudah mumpuni. Bandingkan juga pelayanan yang diberikan oleh asuransi dari kartu kredit dengan asuransi dari perusahaan murni. 
  2. Diskon dan Promosi Merchant Tertentu Diskon dan promosi di beberapa merchant menjadi strategi jitu kartu kredit dalam menarik konsumen. Pastikan Anda sering melihat diskon dan promosi yang diberikan oleh merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit kepunyaan Anda. Ini akan menguntungkan apabila Anda memang membutuhkan untuk membeli produk atau jasa di merchant yang telah menjalin kerja sama dengan kartu kredit Anda. Biasanya promosi itu berupa beli satu gratis satu, bonus poin, potongan harga sampai 50 persen, dan lain-lain. 
  3. Memperpanjang Garansi Produk Apabila Anda membeli produk dengan kartu kredit biasanya ada fasilitas untuk memperpanjang garansi produk. Mayoritas produk yang ditanggung adalah produk elektronik. Beberapa kartu kredit mengaplikasikan perpanjangan garansi produk. Untuk memastikannya, Anda bisa bertanya pada penerbit kartu kredit. Jika tersedia layanan ini, toh tak ada salahnya membeli dengan kartu kredit kan dibanding uang tunai. 
  4. Membayar Tagihan Secara Otomatis Selain tagihan tahunan kartu kredit, ternyata Anda bisa membayar tagihan lainnya dengan kartu kredit. Tagihan rutin bulanan seperti air, listrik, TV berlangganan, internet dan lain-lain dapat dengan mudah dibayarkan secara otomatis. Caranya, Anda cukup mengaktifkan fitur “autopay” yang ditawarkan oleh sejumlah bank penerbit kartu kredit. Sehingga ketika tagihan berdatangan, akan langsung dibayar dari kartu kredit Anda secara otomatis. 
  5. Teman Perjalanan Ke Luar Negeri Bila Anda mengajukan kartu kredit untuk memudahkan Anda bertransaksi di luar negeri, berarti keputusan Anda tepat. Saat Anda kekurangan uang, Anda bisa melakukan transaksi di luar negeri dengan kartu kredit yang berlaku secara internasional. Dengan membawa kartu kredit Anda bepergian, Anda bisa menekan kerugian yang muncul akibat perbedaan nilai mata uang. 
  6. Cicilan Nol Persen Kartu kredit membantu Anda membeli TV atau lemari es, saat uang tunai belum mencukupi untuk membeli kebutuhan tersebut. Anda bisa menggunakan kartu kredit dan mencari promosi yang sedang memberikan tawaran cicilan 0%. Jika, produk yang ditawarkan seharga Rp 3 juta dan bisa dicicil dalam waktu 12 bulan. Maka, dalam sebulan Anda hanya perlu membayar Rp 250.000. Perlu diingat bahwa bunga 0% berlaku apabila Anda melunasi tagihan setiap bulannya tepat waktu. 
  7. Memanfaatkan Untuk Berbisnis Manfaatkan kartu kredit milik Anda untuk bisnis kecil-kecilan. Misalnya, barang yang telah Anda beli dengan bebas bunga tadi bisa dijual kembali ke teman-teman Anda. Si pembeli yang akan melunasi tagihan setiap bulannya ditambah sedikit harga komisi sebagai profit kecil-kecilan. Menambah sumber pemasukan lewat kartu kredit tentu tak ada salahnya kan? 
  8. Perlindungan Produk Beberapa penerbit kartu kredit menawarkan jaminan berupa layanan reparasi gratis hingga penggantian produk apabila hilang dalam waktu 30-90 hari sejak transaksi. Supaya tidak rugi, Anda bisa menanyakan kepada penerbit kartu kredit Anda, apakah tersedia layanan ini dan merchant mana saja yang bekerja sama untuk fasilitas perlindungan produk.

Sumber: dirangkum dari berbagai sumber


Baca juga:

Tidak ada komentar: