Emosi dan Kesehatan


Ketika sistem imun kita mengalami depresi, banyak pengaruh besar bagi kesehatan kita:

1. Kemarahan memicu sakit punggung

2. Kesepian berhubungan dengan tekanan darah tinggi, bahkan hingga dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

3. Depresi berhubungan dengan kanker

4. Pesimisme berhubungan dengan stroke Pikiran yang selalu dikelilingi hal-hal negatif bisa merusak pembuluh darah serta dapat mengganggu bagian sistem saraf yang mengontrol detak jantung. Hal ini akan memicu seseorang untuk terkena stroke.

5. Kecemasan berhubungan dengan demensia Ketegangan mental merupakan penyebab utamanya meningkatkan hormon glukokortikoid.

Apabila seseorang kelebihan hormon tersebut, maka pusat memori akan menciut dan sel-sel otak akan mati. Itulah beberapa dampak buruk emosi bagi tubuh.

Apabila emosi dibiarkan terus-menerus, maka kesehatan tubuh akan menurun.

Kontrol dan atasilah emosi anda, buat diri anda rileks, dan tenangkan pikiran anda. Semoga bermanfaat.

Dari seorang pakar pengobatan tradisional, terdapat penjelasan hubungan emosi dengan kesehatan manusia.

Dalam primbon jawa juga memunculkan mitos-mitos :

Nesu (kemarahan)
konon kemarahan terkait dengan lever (hati). Jika tidak terkontrol, kemarahan akan menimbulkan darah tinggi, sakit kepala, pusing, sampai gangguan liver.

Susah (kesedihan)
Konon kesedihan berhubungan dengan paru-paru dan usus besar contoh, menangis terisak-isak itu berasal dari paru-paru.

kalu emosi susah tidak terkontrol, fungsi pernafasan akan terganggu. selain itu, lupakan emosi kesedihan yang terus menerus juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.

Bungah (kegembiraan)
Konon rasa bungah dapat memberikan efek positif bagi jantung, namun apabila tidak terkontrol maka bisa menyebabkan nervous,(kegelisahan) hingga insomnia, juga gangguan usus seperti diare, sebaliknya kurang gembira juga bisa mengakibatkan depresi.

Wedi (rasa takut)
Konon wedi (takut) itu berhubungan dengan ginjal dan kandung kemih, ketakutan yang berlebihan akan menimbulkan kerusakan pada fungsi ginjal dan kandung kemih.

Semelang (kecemasan)
Konon kecemasan berhubungan dengan limfa, pangkreas, dan lambung . Sumelang yang berlebihan akan menimbulkan mulut menjadi kering, tegang, bibir mengatup rapat, serta rambut mengalami pengubanan dini.

Adapun pengubanan dini ini di akibatkan oleh kelelahan otot, akibat kecemasan yang berlebihan. Jika kita berusaha menggunakan pikiran positif untuk menghindari perasaan buruk, maka potensi untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat akan terwujud, semoga kita tetap bisa mengontrol kadar emosi kita.

Sumber: eksistensikesehatan.blogspot.com

Tidak ada komentar: