Tulisan dokter, bahasa rahasia medis?

Ini sekedar opini pribadi saja, dan tanpa maksud atau tendensi apapun didalamnya.
Selama bersentuhan dengan pengobatan medis, tanpa sengaja saya perhatikan tulisan beberapa dokter yang memang sulit dibaca. Entahlah apakah itu sandi Morse (istilah Pramuka untuk tulisan yang dirahasiakan isinya) atau tulisan prasejarah (halah istilane opo yo) yang perlu ilmu khusus untuk mempelajarinya. Hahaha...

Dulu waktu kecil umuran SD, orang dewasa suka ngeledek, tulisan ku yang seperti ceker ayam. Walaupun bisa dibaca namun bisa membuat pusing tujuh keliling. Hehehe... Akhirnya aku sering latihan menulis halus, dengan buku khusus yang melatih cara menulis sesuai dengan huruf cetak. Jadilah tulisan tanganku seperti sekarang ini. Yaaa ga jelek-jelek amat, yang penting klo nulis surat, yang baca surat bisa mengerti maksudku...

Nah klo dokter....
Karena saya bukan dokter saya tidak tahu akan hal ini.

Sempat terpikir, klo dokter nulis resep dengan tulisan khas seperti itu apa bisa terbaca, mungkinkah apoteker salah ambil obat karena salah baca. Bahaya banget kan. Astaghfirullah. Bisa tambah parah kan sakitnya.

Apakah antara dokter yang satu dengan yang lain bisa membaca tulisan mereka satu sama lain. Penasaran bener saya. Masya Allah.

Ya sudahlah, biarkan itu menjadi rahasia profesi seorang dokter.

Sebagai orang awam, profesi seorang dokter dapat saya gambarkan sebagai berikut :
- pake jas putih
- pake stetoskop
- punya tulisan yang unik kaya kabel ruwet
  atau sandi rumput (klo di Pramuka)
Jadi klo tulisan anda tiwek (ngerti dewek, cuma bisa ngerti dibaca oleh sendiri) jangan berkecil hati mungkin Anda berbakat menjadi dokter, hehehe... Ga nyambung ya

Tidak ada komentar: